Beranda » Greater Jakarta 6221/021

Panggilan dari +6221 Greater Jakarta – Dilema Diangkat atau Tidak

angkat-telepon-atau-tidak

Pernahkah kamu menerima telepon tak dikenal dengan awalan +6221 atau 021 atau dengan tulisan Greater Jakarta? Dari mana sih sebenarnya panggilan telepon itu? Apakah hanya karyawan telemarketing yang hendak menawarkan kredit / asuransi / jualan lainnya? Atau bahkan mungkin orang yang berniat melakukan penipuan? Sering juga mungkin kamu bingung harus diangkat atau tidak telepon Greater Jakarta ini. Mau diangkat nanti ujung-ujungnya hanya telemarketing. Ngga diangkat juga jangan-jangan itu panggilan telepon penting seperti interview kerja atau calon pembeli yang ingin membeli barang dagangan kita. Nah, jangan khawatir! Di sini akan dikupas tuntas apa dan siapa saja kemungkinan penelepon Greater Jakarta itu dan app yang bisa kamu pakai untuk memudahkan kamu memutuskan apakah akan menjawab panggilan telepon itu atau tidak.

Nomor +6221 atau 021

Nomor +6221 sebenarnya terdiri dari +62 (kode negara Indonesia) dan nomor 21 (kode area wilayah Jakarta Barat – Jakarta Pusat – Jakarta Selatan – Jakarta Timur – Jakarta Utara – Kepulauan Seribu – Tigaraksa (Kabupaten Tangerang) – Kota Tangerang – Kota Tangerang Selatan (Pamulang) – Kota Bekasi – Kabupaten Bekasi – Kota Depok kecuali Sawangan dan Bojongsari – Cibinong – Cileungsi – Klapanunggal – Jonggol – Sukamakmur – Cariu – Tanjungsari (Kabupaten Bogor)). Nomor +62 sendiri bisa digantikan dengan angka 0 sehingga nomor telepon yang muncul jadi 021. Meski demikian, perlu diingat bahwa hanya panggilan telepon melalui jaringan telepon tetap atau PSTN saja yang akan memunculkan kode area. Jaringan telepon tetap ialah pesawat-pesawat telepon yang dihubungkan oleh kabel yang tidak dapat dipindah-pindahkan (telepon rumah, kantor, ruko, gedung dan bangunan lainnya). Jika panggilan telepon dilakukan dari telepon seluler atau HP, kode area akan menghilang sehingga yang tampil hanyalah +62.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai awalan +62 dan 0 pada nomor telepon kamu bisa membaca artikel ini atau ini.

Greater Jakarta

Lalu tentang Greater Jakarta. Apa sih artinya? Kalau menurut Google Translate, Greater Jakarta itu artinya Jakarta (yang) lebih besar.

greater-jakarta-6221

Tapi sudah pasti bukan itu maksudnya. Greater Jakarta itu maksudnya daerah Jakarta dan sekitarnya (Jakarta yang lebih luas / Jabodetabek) seperti yang tertulis di atas. Jadi jelas ya, Greater Jakarta itu nama wilayah bukan selalu atau pasti berarti modus penipuan atau nama perusahaan.

Lacak Nomor Greater Jakarta

OK deh, sekarang kamu sudah tahu bahwa 021 atau +6221 atau Greater Jakarta itu sebenarnya hanya nama wilayah yang cukup luas. Tapi ada ngga sih cara supaya kamu bisa lebih tahu lagi kira-kira siapa yang menelepon? Mengingat kadang-kadang kalo kamu angkat ternyata hanya telemarketer atau sales nawarin pulsa gratisan, asuransi, atau bank yang nawarin kredit. Memang sih kalo lagi butuh ya diambil aja, tapi seringnya mereka telepon waktu kamu ngga butuh. Dan itu sangat mengganggu kesibukan kamu.

Tenang aja, solusinya gratis dan mudah kok! Cara mengatasi panggilan telepon dari Greater Jakarta yang mengganggu cukup dengan install app True Caller di HP kamu. Buat kamu yang menggunakan Android langsung saja download di PlayStore dan pengguna iOS silakan ke AppStore. Lalu bagaimana cara kerjanya?

Cara Kerja Pelacak Nomor Greater Jakarta

Singkatnya, saat ada panggilan Greater Jakarta masuk True Caller akan menampikan nama penelepon meskipun kamu belum pernah menyimpannya di HP maupun akun Googlemu. Dengan cara ini, kamu bisa melihat siapa yang menelepon dan memutuskan apakah akan menjawabnya atau tidak. Bahkan kamu juga bisa memblokir panggilan telepon itu supaya tidak bisa masuk sama sekali ke HPmu. Di bawah ini daftar panggilan yang terdeteksi dan telah banyak membantu minet memilah-milah panggilan mana yang akan diangkat.

daftar-panggilan-truecaller

Seperti yang bisa kamu lihat di atas, muncul siapa-siapa yang menelepon. Kalau ditap nama paling atas muncul seperti ini:

nama-panggilan-truecaller

Nama di atas bukan minet lho yang kasih, tapi True Caller dan begitu nama itu muncul saat ada telepon masuk minet bisa memilih untuk tidak menjawab atau menolak panggilan. Praktis yah! Oia satu lagi, app ini dapat menampilkan nama untuk panggilan telepon yang berasal dari mana saja, bukan hanya dari Greater Jakarta.

Lalu buat kamu yang rasa ingin tahunya besar, dari mana app ini bisa tahu siapa yang menelepon? Sesuai keterangan resminya, True Caller mengumpulkan nama melalui hubungan kerjasama mereka dengan berbagai penyedia layanan direktori di seluruh dunia, media sosial dan juga dari komunitas True Caller yang memasukkan nama-nama tersebut melalui situs web dan app mereka. Jadi jika ada cukup banyak pengguna yang menyimpan nomor telepon tertentu dengan nama Joko atau Ani atau Spam maka di HPmu akan keluar nama itu juga meskipun kamu tidak pernah menyimpan nomor tersebut. Selain itu para pengguna yang mendaftarkan diri melalui app juga akan dimasukkan dalam daftar nama True Caller. App yang didownload dari Google Play dan Apple App Store ini mengklaim tidak mengunggah phonebook kamu untuk bisa dicari pengguna lain atau memublikasikannya karena bertentangan dengan kebijakan Google Play dan Apple App Store.

Nah! Dengan adanya app ini sekarang kebingungan kamu mengenai teleapo dari Greater Jakarta  pasti jauh lebih berkurang! Kamu tidak perlu ragu menolak telepon dari orang-orang yang sedang mempromosikan dagangan mereka, penjual polis asuransi, sales kredit bahkan orang-orang yang berniat buruk. App ini juga memudahkan kamu mengenali nomor telepon dari perusahaan yang baru saja kamu lamar salah satu posisinya atau dari calon pembeli yang tertarik dengan barang jualanmu. Jangan sampai karena ingin menghindari telemarketer kamu malah kehilangan kesempatan kerja atau kehilangan customer!

Bonus

lacak-nomor-tak-dikenal-truecaller

Kamu penasaran dengan nomor tak dikenal yang menghubungi kamu? Masukkan nomor itu ke situs web True Caller dan cari tahu kira-kira siapa yang meneleponmu 🙂

Pendapat kamu?

%d bloggers like this: